Pendaftaran Santri Mahasiswa Baru STIKes Surya Global TA 2019 2020 masih dibuka sampai akhir September 2019 -- Alhamdulillah Program Studi Keperawatan & Program Pendidikan Profesi Ners STIKes SURYA GLOBAL meraih Peringkat B Baik dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan LAM PTKes dengan nomor: 0125 LAM PTKes Akr Sar III 2019 dan 0126 LAM PTKes Akr Pro III 2019 -- PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STIKES SURYA GLOBAL 2019 2020 telah DIBUKA -- Program Studi S 1 Kesehatan Masyarakat Konsentrasi: Manajemen Rumah Sakit, Sistem Informasi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Akreditasi Peringkat B SK No. 157 BAN PT Ak XVI S VII 2013 -- ♦ Jadilah Sarjana Kesehatan sekaligus Penghafal Qur an ♦ Gantilah sebagian biaya Kuliahmu dengan menghapalkan Al Qur an ☺
CAMPUS NEWS
Sabtu, 13 Juli 2019, 9:06 WIB

STUDI EKSKURSI MAHASISWA KESMAS STIKES SURYA GLOBAL KE B2P2TOOT

Tawangmangu di kabupaten Karanganyar Jawa Tengah merupakan salah satu destinasi bagi para mahasiswa program studi Kesehatan Masyarakat STIKes Surya Global yang melaksanakan kunjungan Studi Ekskursi (SE). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 - 3 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 2 dan tanggal 4 Juli 2019 untuk mahasiswa semester 4. SE ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat dan 5 dosen pembimbing. Selain waktu yang berbeda, tempat kunjungan antara mahasiswa semester 2 dan semester 4 pun berbeda. Untuk mahasiswa semester 2 berkunjung ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Tanaman Tradisional (B2P2TOOT) di Tawangmangu, sedangkan untuk semester 4 berkunjung ke PT.Sidomuncul dan Pabrik Sosro.


Studi Ekskursi adalah Program Tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada para mahasiswa tentang instansi atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan perindustrian. Studi ekskursi berasal dari kata excursion, yang berarti keluar. Studi Ekskursi hampir sama seperti tour atau live in, yang intinya adalah pembelajaran keluar. Proses pembelajaran melalui studi ekskursi bertujuan membawa mahasiswa keluar kelas agar dapat melihat secara langsung dunia realita keilmuaannya serta dapat menambah informasi dari praktisi serta ikut merasakan suasana dunia kerja.


Para mahasiswa yang melaksanakan SE di Tawangmangu sangat antusias dalam mengikuti kunjungan tersebut, terbukti mereka banyak bertanya saat diajak berkeliling untuk mengenal berbagai tanaman dan fasilitas di B2P2TOOT. Selain itu, mahasiswa pun sangat tertarik dengan cara pengolahan tanaman obat dan obat tradisional yang dikembangkan. B2P2TOOT yang merupakan bagian dari Litbang Kementerian Kesehatan ini memprioritaskan pada Saintifikasi Jamu, dari hulu ke hilir, mulai dari riset etnofarmakologi tumbuhan obat dan Jamu, pelestarian, budidaya, pascapanen, riset praklinik, riset klinik, teknologi, manajemen bahan Jamu, pelatihan iptek, pelayanan iptek, dan diseminasi sampai dengan peningkatan kemandirian masyarakat.


Seusai melaksanakan kunjungan di B2P2TOOT, para mahasiswa berwisata di air terjun Grojogan Sewu sambil berfoto-foto ria. Setelah itu rombongan pun kembali ke Jogja, ke pesantren STIKes Surga tercinta dengan membawa oleh-oleh ilmu dan kenangan yang sangat berharga. 🥰🚌


reporter: Selfi & Mira